Beranda > Indonesia > Sejarah Timnas, "ternyata pernah masuk piala dunia lho…!"

Sejarah Timnas, "ternyata pernah masuk piala dunia lho…!"

“Bila kita mengorek sejarah persepakbolaan nasional, momen Olimpiade Melbourne pada tahun 1956 masih dianggap sebagai salah satu prestasi yang paling fenomenal. Namun tahukah anda bila Indonesia pun ternyata pernah ikut Piala Dunia ?”

Bila kita mengorek sejarah persepakbolaan nasional, momen Olimpiade Melbourne pada tahun 1956 masih dianggap sebagai salah satu prestasi paling fenomenal. Kala itu timnas Indonesia yang dilatih Toni Pogaknik asal Yugoslavia berhasil masuk Olimpiade dan mencatat hasil gemilang dengan menahan Uni Soviet 0-0 dalam pertandingan pertama. Namun sebagian besar pemain kemudian mengalami cedera dan kelelahan sehingga harus takluk dalam pertandingan playoff dengan skor 0-4.

Belakangan, di saat demam piala dunia kembali melanda tanah air, mimpi Indonesia untuk tampil di pentas dunia kembali mengemuka. “Kapan yaa…, Indonesia masuk Piala Dunia ?” Pertanyaan seperti itu kerap terdengar di saat pesta empat tahunan kembali digelar.

Berbicara tentang Piala Dunia, Indonesia sebenarnya pernah berpartisipasi dalam pentas sepakbola antar negara terbesar itu. Mengusung nama Dutch East Indies (Hindia Belanda), Indonesia bermain untuk pertamakalinya pada Piala Dunia Perancis, 1938.

Para pemain asli Indonesia maupun warga Tionghoa dan Belanda bergabung dalam tim Hindia Belanda itu. Mereka diantaranya ; Anwar Sutan, Achmad Nawir, Mo Heng, Hong Djien, Henk Zomers, dan G Van Den Burg. Nama-nama mereka mungkin saja masih kurang akrab di telinga kita dibanding skuad tim Olimpiade Melbourne 1956 seperti Djamiat Dalhar, Thio Him Tjiang, Kiat Sek, Ramang, atau LH Tanoto (Tan Liong Houw) yang hingga kini masih melegenda.

Kendati bisa disebut berbau keberuntungan, karena Hindia Belanda tampil di Piala Dunia atas dasar penunjukan FIFA sebagai dampak Jepang yang urung tampil di event tersebut, namun kehadiran Dutch East Indies tetap tercatat dalam sejarah sebagai negara Asia pertama yang tampil di Piala Dunia.

Namun sungguh sayang pada pertandingan perdananya tim Hindia Belanda sudah harus menghadapi tim favorit, Hungaria. Sedikitnya 9000 penonton yang memenuhi Stade Velodrome Municipal di kota Reims, Perancis, 5 Juni 1938, sore hari itu menyaksikan tim bagaimana tim Hindia Belanda dikandaskan 0 – 6 (0 – 4) oleh Hungaria.

Achmad Nawir dkk. harus mengakui bahwa mereka kalah kelas dari Hungaria yang diperkuat bintang-bintang pada zamannya, seperti Gyorgy Sarosi dan Gyula Zsengeller. Gawang Hindia Belanda yang dijaga Mo Heng harus bobol sebanyak enam kali tanpa balas oleh tendangan Gyorgy Sarosi, Gyula Zsengeller maupun Kohut Vilmos dan Geza Toldi. Sarosi dan Zsengeller bahkan kemudian masuk daftar 3 besar pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1938.

Tim Indonesia saat itu memang bukan yang terbaik. Pasalnya pemain sekelas Djawad, Jazid, Moestaam atau Maladi tak dilibatkan. Boleh jadi bila mereka tergabung dalam skuad Dutch East Indies bisa lain ceritanya. Organisasi PSSI yang masih belum rapi sebelum Indonesia merdeka kemungkinan menjadi penyebab Belanda melakukan sistem asal-asalan dalam hal perekrutan pemain.

Hingga 1945 memang tercatat masih ada dua badan yang mengendalikan sepakbola Indonesia yakni PSSI dan Nederland Indische Voetbaal Unie (NIVU). Baru pada tahun 1949, pemerintah Indonesia kemudian menetapkan nama PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia).

Kendati demikian prestasi tim Hindia Belanda yang diasuh Johannes Van Mastenbroek itu tetap patut diberi acungan jempol, karena tim sekelas Swedia pun dibantai Hungaria di babak semifinal dengan skor telak 0 – 5. Dan Hungaria-lah yang kemudian tampil sebagai runner up di kejuaran tahun 1938 tersebut, setelah Hungaria menyerah 2 – 4 pada Italia di babak final.

Berikut ini data skuad tim Hindia Belanda (Dutch East Indies) pada Piala Dunia Perancis pada 1938 : Tan Mo Heng (GK), Anwar Sutan, Tan Hong Djien, Frans Hu Kon, Frans Meeng, Tjaak Pattiwael, Jack Samuels, Suvarte Soedarmadji, Achmad Nawir, Henk Zomers, Hans Taihuttu

Cadangan

J Harting (GK), Bing Mo Heng, G Van Den Burg, G Faulhaber, R Telwe, Tan Se Han, Dorst, Teilherber

Pelatih : Johannes Van Mastenbroek. (indra kh/ berbagai sumber*) Piala Dunia 1938

Kategori:Indonesia Tag:
  1. Mei 12, 2008 pukul 11:04 am

    SEBUTKAN DONG SUMBERNYA DARIMANA ?

    Jangan2 cuma karangan loe aja lg….
    Sorry bro, ini kritik biar tambah baik, ane jg lg belajar he….

  2. gRy
    Mei 12, 2008 pukul 11:30 am

    @Guest Jo

    Trims kritikannya,
    akan saya ingat-ingat lagi sumber artikel ini darimana, soalnya saya post artikel ini sudah lumayan lama!
    Nanti jika sudah ketemu saya akan japri!

  3. November 12, 2009 pukul 11:23 am

    Saya percaya sama artikel ini..
    toh saya jg sudah pernah baca cerinta klo indonesia pernah masuk piala dunia tahun lalu..

  4. abdi negara
    November 30, 2009 pukul 11:10 am

    tolong carikan daftar nama-nama pemain PSSI tahun 1956 – 1960. soalnya foto ayahku ada ditimnas tapi tahunya gak tau ………..

    • wisnu
      April 25, 2014 pukul 8:20 am

      hah emng x. ayh km, pemain bola waw berarti ayh kmu. pemain legendaris indonesia dong

  5. trim info yang saleh
    Februari 22, 2010 pukul 10:23 am

    trim info yang diberikan sebagai pengetahuan saya, semoga bermanfaat

  6. lutfi
    Juni 2, 2010 pukul 5:27 pm

    saya selalu mendukung tim indonesia walau pun slu tidak memuaskan aku tau pemain sudah sekuat tenaga..
    satu kata wat indonesia..
    maju terus pantang mundur…

  7. human
    Juni 15, 2010 pukul 1:24 pm

    saya kasian..dengan artikel ini…

    • Dody
      Juni 15, 2010 pukul 7:57 pm

      Benarkah indonesia pernah masuk piala dunia???

    • ansar
      Juni 22, 2010 pukul 8:16 am

      pernah waktu jamannya hindia belanda….1 kli….jamnya indonesia 2 kli….hehehehehehehe…..

  8. Juni 16, 2010 pukul 5:12 pm

    saya malum tinggaldinegara indonesia tapi saya ingin negaraini maju seperti dulu? pliss presiden SBY masukan indonesia ke piala dunia agar indonesia ini tidak di ece sama bangsa lain dukung indonesia terus sampai mati aku tetap mendukung mu merah putih.

  9. ansar
    Juni 22, 2010 pukul 8:11 am

    indonesia juga pernah kok ikut piala dunia wktu itu se tim sama argentina….n di bantai sm argentina 18-0….n pada waktu itu kapten argentina adalah maradona….saksinya msh hidup….n aku aja baru tau kemaren di tunjukin di salah satu stsiun tv swasta……

    • andy
      Juni 29, 2010 pukul 4:01 pm

      ini kan yg junior ……!!!!

  10. wasis setiyoko
    Juli 6, 2010 pukul 9:55 am

    saya yakin 2022 indonesia akan masuk piala dunia..

  11. albert
    Juli 15, 2010 pukul 9:28 am

    indonesia blum merdeka.. berarti yang main masi jaka tingkir sibuta dari gua hantu dan yang lainyadonk.. heheheheheh..
    indonesia pasti bisa masuk piala dunia 2014….. saya yakin dengan team yunior pssi.. asalakan pengurus pssi jan ada yang korupsi ya…

  12. Juli 31, 2010 pukul 10:23 pm

    udahlah,,,,,,panggil alamsyah dkk u mmbla timnas senior,,,,
    jngan itu2 aja

  13. Juli 31, 2010 pukul 10:26 pm

    mudah2han indonesia msuk piala dunia 2014,,,
    tlg pemain timnas tu,,,dtgkan jga dri sumatra,,,,
    dri pdang bnyak tu,,,

  14. ute
    Agustus 3, 2010 pukul 7:52 pm

    Indonesia memang pernah masuk piala dunia,n di bantai sm brasil 100-0..
    kasihan timnas ku..

    • dey
      September 2, 2011 pukul 8:44 pm

      buat kamu yg perna blang klo indonesia di bantai sm brasil 100 -0……………semoga 7 keturunan lho yg perna mkn hasil dr indonesia tidak ada yg bahagia,,,,,,,,,,,,,,,,,

  15. Agustus 22, 2010 pukul 9:30 pm

    aq mohon kepada pelatih indonesia kalian jga hrus memperhatikan di pulau Halmahera utara juga di sna jg bnyak pemain2 bagus dan top2 mka itu saya Ramadhan ramana putra menegas,kan bahwa indonesia bakal masuk ke piala dunia 2014 atau 2018 jika kalian smua mau memperhatikan pemain2 indonesia jangan hanya di pulau jakarta,jojakarta,bandung,semarang,dll.kalian jg harus memperhatikan di pulau halmahera atau gallela,ternate,papua,ambon,dan sekitar nya.trimakasih

  16. Agustus 30, 2010 pukul 3:14 pm

    di tim jawa timur ambillah yg sepuluh ok

  17. Oktober 19, 2010 pukul 8:05 am

    kalau saja saya udah dewasa pasti akan saya menangkan indonesia !!!

  18. Desember 23, 2010 pukul 6:42 am

    salute indonesia

  19. Desember 23, 2010 pukul 6:42 am

    sallute indonesian

  20. Januari 1, 2011 pukul 9:27 pm

    ya mudah mudahan nanti atau kapan TIMNAS bisa masuk PIALA DUNIA atau menang dalam PIALA ASIA nanti th 2014

  21. muas
    Januari 23, 2011 pukul 6:22 pm

    ku yakin garuda mampu mengobati sayapnya dan mampu terbang tinggi melayang ke udara.
    bangkitlah garudaku,,,,,,,,,,,,,,,,

  22. Juli 7, 2011 pukul 10:21 am

    klo klah indonesia mmbari supan taluk ajh

  23. Juli 7, 2011 pukul 10:21 am

    PUKI PUKI

  24. Arip riantonia
    Juli 30, 2011 pukul 12:32 pm

    jgn mau kalah,,, inget jangna egois berjuang demi bgsa ?
    indonesia belum di posisi yg terbaik masih bnyak rintangan yg akan di ewati,jngn malas2 untuk berlatih……..jadikan mipi menjadi nyata jadian cobaan adalah anugerah…

  25. dey
    September 2, 2011 pukul 8:52 pm

    kami dari ambon selalu mendukung TIMNAS………..hidup TIMNAS
    SEMOGA BERHASIL MELEWATI smua rintangan,,,,,,,,,,,,,jangan mau kalah maju trus pantang mundur

  26. September 5, 2011 pukul 8:37 pm

    saya juga pecinta sepakbola…hehehe

  27. November 22, 2011 pukul 9:26 pm

    mudah2an Indonesia Mimpinya jadi kenyataan..

  28. Agustus 30, 2012 pukul 9:48 am

    gue tahu pasti waktu zaman’x legenda indonesia yaitu ramang..Saya sudah bcak buku di moll makassar .. waktu itu tahun 1956 indonesia melawan unisoviet berakhir imbang 1-1

  29. Februari 12, 2013 pukul 11:47 pm

    Someone essentially lend a hand to make critically posts I
    might state. This is the very first time I frequented your web page and so far?

    I surprised with the analysis you made to create this actual
    submit extraordinary. Fantastic process!

  30. April 25, 2013 pukul 12:14 am

    Asking questions are actually nice thing if you are not understanding something
    completely, except this post offers fastidious understanding
    yet.

  31. raflianto pratama
    Mei 6, 2013 pukul 11:04 pm

    bangunlah sang garuda

  32. Juni 21, 2013 pukul 11:16 am

    Howdy! Would you mind if I share your blog with my zynga group?
    There’s a lot of folks that I think would really enjoy your content. Please let me know. Thank you

  33. Juni 21, 2013 pukul 4:25 pm

    I know this web site provides quality based posts and extra
    information, is there any other website which presents
    these things in quality?

  34. Juni 21, 2013 pukul 9:55 pm

    I love it when people come together and share opinions. Great blog,
    continue the good work!

  35. Juni 22, 2013 pukul 7:25 am

    Hey there, You’ve done an incredible job. I’ll definitely digg it and personally recommend to my friends.
    I’m sure they will be benefited from this website.

  36. Juli 4, 2013 pukul 3:53 am

    You will discover there are many various roulette
    tactics from which to choose and should you not want to
    free money figuring out when they are generally
    more than worth it, try to find a free roulette video
    game in addition to give it a try initial.
    Job possessing the particular charge cards along with getting
    yourself into the action, Baccarat is just not for you-unless it is possible to play
    the particular high-roller version.

  37. Juli 4, 2013 pukul 3:53 am

    The looks is distinctive, vibrant and fresh. It is possible to often
    engage in promptly, or even obtain your Casino
    software in your personal computer so you can
    start playing the video game titles rapid.

  38. Juli 4, 2013 pukul 3:54 am

    Clubs are constantly great places in order to meet people that are on
    holiday and looking undertake a fun time having someone new.
    Here are some issues one should inquire to find
    when there is a difficulty

  39. Juli 8, 2013 pukul 7:08 am

    This can be wherever method takes on in as well as we can review involves within other Pai Gow content articles on this
    internet site. There exists a harasser as well on the internet and on the internet
    chat which simulates the city area environment.

  40. September 11, 2013 pukul 7:02 pm

    What’s up mates, its enormous piece of writing regarding tutoringand completely defined, keep it up all the time.

  41. September 28, 2013 pukul 4:25 am

    You have goot a talent for the right words.

  42. November 5, 2013 pukul 11:02 am

    This design is wicked! You definitely know
    how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I
    was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Wonderful
    job. I really loved what you had to say, and
    more than that, how you presented it. Too cool!

  43. Maret 6, 2014 pukul 10:19 pm

    Howdy! Someone in my Myspace group shared this website with us so I came to look it over.
    I’m definitely loving the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers!
    Fantastic blog and fantastic design.

  44. Maret 26, 2014 pukul 6:05 am

    It’s really a nice and helpful piece of information.
    I am happy that you just shared this helpful information
    with us. Please keep us up to date like this.
    Thanks for sharing.

  45. wisnu
    April 25, 2014 pukul 8:23 am

    hai smua warga di sluruh indonesia ayo kta..? dkung tim nas bersma2. maupun timnas senior dan tim nas junior

  46. Paul
    Juni 1, 2014 pukul 11:41 pm

    Untuk indonesia klau mau masuk piala dunia, dalam menyeleksi pemain harus benar2 baik.

  47. Juni 16, 2014 pukul 10:04 pm

    kalo kata saya si itu benar ,, tpi maaf kalo sya menjawab kepada yg sudah dulu mengomentari saya yaitu Guest Jo ,, seharus nya kita menghormati timnas dulu kita dengan sudah masuk Piala Dunia, dan maaf ke pada Guest Jo =D

  48. Oktober 3, 2014 pukul 1:24 am

    It’s truly very complex in this actfive life to listen news
    on Television, so I only use world wide web for that reason, and get the hottest news.

  49. Oktober 12, 2014 pukul 11:50 pm

    Hi there very nice blog!! Man .. Beautiful ..
    Superb .. I will bookmark your blog and take the feeds also?
    I’m satisfied to find a lot of helpful information right here within the publish,
    we’d like develop more techniques on this regard, thanks for
    sharing. . . . . .

  50. kholil
    Januari 13, 2015 pukul 4:27 pm

    knapa ya yg nyleksi pemain timnas gk pernah ke pandeglang,,?? kta’a nyeleksi pemain keliling indonesia tpi ko gk pernah smpe ke kabupaten pandeglang, gmna mau lolos ke piala dunia klw pmain asl pandeglang gk ada hehe
    tolong dong nyeleksi’a ke daerah” kampung, krna sya yakin orng kmpung tu kuat” orng kmpung suka naik turun gunung tpi gk prnah cape/llah krna fisik mreka kuat dah trbiasa lagi naik turun gunung stiap hari,,

  51. Maret 15, 2015 pukul 2:02 pm

    gmana indonesia bisa maju pesepakbolaannya, pemantauan pemain hanya di jawa,sumatra,papua,maluku,sulawesi aja……. Kalimantan kapan donk.? Mungkin lebih baik Borneo jadi negara sendiri spt Timor Leste

  52. Maret 25, 2016 pukul 8:18 am

    Individuals forms of techniques allows you to get paper
    towels for nickels as well as totally free.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: