Beranda > Techno, WordPress > RSS Berguna

RSS Berguna

   RSS memang amat sangat berguna, apalagi jika kita tidak punya banyak waktu untuk browsing untuk sekedar mencari update-an terbaru dari tiap-tiap portal berita yang tersedia ataupun sekedar melihat blog-blog biasa kita kunjungi. Namun ternyata masih banyak juga yang belum tau ttg apa itu RSS, dan untuk membagi pengetahuan, saya akan bahas sedikit disini.
RSS (Really Simple Syndication) adalah… istilah dalam teknologi Internet yang merujuk pada cara men-sindikasi-kan konten sebuah situs web (web syndication). Layanan ini memudahkan pengguna Internet agar selalu dapat mengetahui ringkasan konten terbaru dari situs tertentu tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs tersebut. Selain itu, RSS yang disediakan sebuah situs dapat digunakan untuk melengkapi konten situs lain.
   Layanan RSS disalurkan melalui sebuah file berformat XML yang dapat dibaca oleh publik dengan menggunakan program pembaca RSS yang disebut dengan news aggregator atau feed reader. Beragam program ini dapat di-download secara gratis dari Internet. Salah satu program yang dapat digunakan sebagai RSS reader adalah Snarfer, dan juga bisa dapat dari sini [click here]. Program yang diinstal pada PC secara otomatis akan memeriksa file XML yang disediakan situs tertentu secara berkala. Jika informasi terbaru ditemukan, program akan menampilkan judul dan ringkasannya pada PC pengguna, lengkap dengan link yang dapat di-klik untuk membuka halaman web-nya. [untuk info lengkap dapat juga dilihat disini]
   Biasanya icon yang tersedia pada sebuah website yang menyediakan RSS adalah seperti ini xml atau seperti ini feeds, dan juga bisa jadi tidak ada icon seperti itu namun berupa link tulisan saja yang menuju ke RSS situs tersebut. Setelah diinstall aplikasi RSS reader [sekedar contoh RSS reader disini menggunakan snarfer yang dapat didownload diatas], maka tinggal kita buka situs yang menyediakan RSS [karena tidak semua situs untuk saat ini menyediakan layanan RSS ini] untuk contoh dapat mengunjungi situs okezone.com dan pada halaman utama bagian bawah kanan terdapat link “okezoneRSS” dan setelah diklik akan menuju halaman kategori RSS dari okezone.com tersebut, setelah itu tinggal klikkanan link yang akan anda lihat RSS-nya kemudian pilih “Copy Link Location”, setelah itu paste pada program RSS reader yang sudah terinstall tadi [FILE -> New -> Feed], dan FINISH. Setelah itu apabila ada update berita dari okezone maka RSS reader kita akan mendownload rangkuman berita tersebut dan kita tinggal langsung membacanya saja tanpa perlu buka web browser kita.
Selesai.
Kategori:Techno, WordPress Tag:, ,
  1. #
    Juli 29, 2013 pukul 12:53 pm

    There are many types of exterior wooden doorsIt is not stated anywhere that the exterior wooden doors with a U-Factor and SHGC of.
    You can choose any type of wood. Mike doesn’t need the money, so nude photos were taken.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: