Beranda > Lain-Lain, Personality > Ayat-Ayat BLOG

Ayat-Ayat BLOG

Semenjak premiere film ayat-ayat cinta yang rata-rata penggemar novelnya merasa kecewa dengan adaptasi yang dirasa kurang pas dengan novel tersebut, maka tanpa terasa sebuah fenomena baru telah muncul di Indonesia yang saya khusus kan untuk dunia BLOG ini yaitu:

  1. Semakin kritisnya para penonton film local, sehingga mudah-mudahan saja para pembuat film tidak semena-mena dalam membuat film, yang hanya mementingkan komersil [baca: keuntungan] semata tanpa mengedepankan nilai-nilai penting yang tidak boleh hilang dari film/cerita tersebut.
  2. Semakin membuat angka penjualan untuk buku-buku karya Habiburahman menjadi melambung, yang memang pantas untuk karya-karya cemerlang seperti itu.
  3. Dan juga banyak postingan mengenai AAC, entah sekedar review, atau sekedar melepaskan kekecewaannya, dan bahkan ada juga yang menyediakan file videonya [walaupun sekarang sudah dihapus dari webserver lokalnya, oh iya kenapa dihapus yach?]

Dari berbagai fenomena yang ada, postingan saya yang satu ini bukan untuk mereview, atau komentar, atau malah menyediakan file video dari AAC tersebut, bukan, dan bukan sama sekali. Trus apa hubungannya dengan judul diatas?

Yup, ini hanya judul yang ceritanya menginspirasi saya…

Ketika membaca judul dari AAC [waktu itu saya memang belum tahu siapa pengarangnya] dan saya langsung berfikir apakah ada hubungannya dengan Al-Quran? Dan jawabnya “IYA“…

Kemudian apakah postingan saya kali ini juga ada hubungannya dengan Al-Quran? Dan jawabannya juga “IYA“.

Salah satu hobby saya disela-sela waktu kosong adalah membaca tafsir Al-Quran secara random, walaupun membaca secara random namun saya merasa kalau Al-Quran  itu amat sangat mengerti saya, entah disengaja atau tidak, yang pasti ayat yang ditunjuk hampir semuanya pas dengan suasana hati saya pada saat saya membacanya [saya menggunakan HP saya dan aplikasi java Mobile E-Book tafsir Al-Quran berbahasa indonesia dari Diasoft, linknya cari sendiri aja yach], yang memang pada hari itu kebetulan ayat yang ditunjuk oleh aplikasi itu adalah Surat 54/53 [Al-Qamar:53] yang seperti ini bunyi ayatnya:

 

53

Setelah saya membaca ayat tersebut terbesit dibenak saya dan langsung berfikir “Apa Al-Quran menyuruh kita nge-Blog?“. Tentu saja dengan gaya asal dan spontanitas saya mengartikan ayat Al-Quran ini, dan DON’T TRY THIS AT HOME!!!

Ayat tersebut memang menyuruh kita untuk menuliskan segala sesuatu secara baik, karena Nabi Muhammad S.A.W menuliskan Al-Quran untuk diabadikan, bukan hanya menghafalnya dan menerapkannya kepada sahabat-sahabatnya juga dan sampai akhir jamanpun ada saja orang yang selalu hafal dan pandai dalam menuliskan Al-Quran, yang akhirnya hingga kini Al-Quran masih terjaga ke-Original-annya. Surat Al Qamar sendiri mengandung hal-hal yang berhubungan dengan janji dan ancaman Allah, keadaan umat-umat dahulu yang mendustakan rasul-rasul mereka agar menjadi pelajaran bagi umat-umat yang datang kemudian, ancaman kepada orang-orang kafir bahwa mereka akan diazab pada hari kiamat dan balasan diterima oleh orang-orang yang takwa di akhirat nanti.

Tidak ada makna dari surat tersebut yang menganjurkan untuk nge-blog sama sekali, lalu kenapa saya bisa berfikiran kalau Al-Quran menganjurkan kita nge-blog?

 Alasannya:

  1. Bukankah blog juga sebuah karya hasil tulisan seseorang?
  2. Postingan blog bisa berupa berita besar, ataupun hanya sekedar sharing cerita ringan keseharian seorang bloger.
  3. Blog juga jadi salah satu media penting saat ini untuk mendapatkan sebuah informasi yang berguna bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Jadi jika memang sebuah blog bisa tertata dengan baik, dan juga informasi yang terdapat didalam blog tersebut dapat dipertanggung jawabkan isinya, maka kita juga telah mengamalkan apa yang telah diperintahkan Al-Quran untuk menuliskan segala hal secara baik, mulai dari hal yang kecil maupun yang besar kedalam sebuah tulisan.

Terlepas dari sebuah kontroversi dan benar atau tidaknya, dan juga sah atau tidaknya pemikiran saya diatas, postingan saya ini semata-mata adalah untuk memotivasi diri saya secara pribadi [dan jika mau para bloger yang lain juga boleh] untuk selalu menuliskan dan berbagi setiap ilmu yang saya dapat dengan sarana blog ini, mudah-mudahan dengan motivasi ini saya dapat  memberikan postingan-postingan yang bermanfaat untuk diri saya pribadi, maupun untuk semua orang didunia ini, Amiin.

🙂

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: