Beranda > Indonesia, Techno > Awas Penipuan Atas Nama TELKOM

Awas Penipuan Atas Nama TELKOM

Cerita ini bukan dialami langsung oleh saya, namun ini dialami langsung oleh warga bintaro yang hampir menjadi korban atas penipuan yang mengatas namakan PT.TELKOM ini. Berikut ini adalah ceritanya:

Senin (17/3), Bpk.Effendi Ritonga (untuk selanjutnya akan ditulis ER) ditelepon oleh seseorang yang mengaku “Budiono” dari Telkom Gatot Subroto. Dia mengatakan, bahwa saya terpilih menjadi pelanggan Telkom terbaik dan berhak mendapat hadiah sepeda motor Yamaha MIO. Hadiah tersebut akan diantar ke rumah. Untuk itu saya diminta untuk menghubungi Ir.Hadi Purnomo melalui telepon, guna mendapat penjelasan lebih lanjut.

ER-pun langsung menghubungi Ir.Hadi Purnomo. Dia mengaku karyawan Telkom yang berkantor di Gedung Caraka Telkom, Gatot Subroto. Dengan ramah dia mengatakan hadiah akan diantar siang hari itu juga dengan ketentuan saya harus menyiapkan beberapa persyaratan. Fotocopy KTP [tanda pengenal], bukti pembayaran telepon asli, dan Fotocopy KK. Selain itu dia juga mengatakan tidak ada pungutan lainnya. Bahkan berpesan kepada ER untuk jangan memberi uang berapapun kepada petugas. Tapi ia juga meminta ER untuk membeli lima lembar voucher pulsa dengan nominal pulsa Rp.100.000 (jadi jumlah Rp.500.000) salah satu operator GSM, di toko voucher atau supermarket terdekat. Faktur pembelian nanti ditunjukkan bersama dokumen kepada pengantar hadiah. Uang pembelian voucher tersebut akan diganti melalui petugas pengantar hadiah. Kemudian ia meminta ER untuk menelepon kembali setelah satu jam kemudian, apabila persyaratan sudah siap.

Dari persyaratan keempat, ER mencurigai ini suatu penipuan yang mengatasnamakan Telkom. Oleh karena itu, ER tanyakan kenapa harus membeli voucher dari salah satu operator GSM dan apakah hadiah dapat diantar besok hari saja? Kemudian ia menjawab, program ini atas kerjasama dengan operator GSM tersebut. Dan jika ER tidak menyiapkan persyaratan pada siang hari itu juga, maka hadiah akan dialihkan kepada orang lain. Jawaban tersebut menambah kecurigaan sebagai penipuan yang mengatasnamakan TELKOM.

Selanjutnya ER menghubungi costumers service TELKOM. Petugas costumers service tersebut mengatakan bahwa TELKOM tidak menyelenggarakan program itu dan meminta ER untuk mengabaikannya. Setelah itu ER menghubungi kembali Hadi Purnomo. Dia langsung bertanya apakah saya sudah siap dengan persyaratan yang tadi telah dijelaskan? ER jawab, belum karena TELKOM tidak mengadakan program itu. Dia lansung menutup telepon dan memutuskan pembicaraan.

Kepada masyarakat diimbau untuk mewaspadai penipuan semacam itu. Pihak TELKOM dan Kepolisian diharapkan dapa mengusut kasus tersebut agar tidak ada yang menjadi korban.

Kategori:Indonesia, Techno Tag:
  1. closertothefurthest
    Februari 13, 2009 pukul 12:18 pm

    aduh ya ampun untung sempet search di google. baru aja bapak saya ditelp.. saya udah curiga tuh waktu disuruh bayar2 voucher. hahah.

    thanks a lot!

  2. jakartaforex
    Maret 21, 2009 pukul 11:38 am

    hehehe…sama nih. Ibu saya baru saja ditelpon dengan modus yang sama. Jaman sekarang koq masih ada saja yg nipu cara gini…nggak jaman kaleeee

  3. jakartaforex
    Maret 21, 2009 pukul 11:46 am

    tapi kali ini kita ganti’an yang nipu mereka nih. Soalnya kode voucher yg kita kasih sengaja kode voucher bekas yg udah pernah kita pake. hahahaha

  4. kania watidah
    September 29, 2009 pukul 2:40 pm

    kira-kira untungnya buat mereka apa ya?

  5. Erie
    September 30, 2009 pukul 11:00 am

    hehehe…. sama neh…. baru 5 menit yang lalu di kelepon… modusnya sama euy hadiahnya daped yam*ha Vixion…. nih nomer kelepon Drs. Wahyu (Direktur gadungan keknya) 021 33210154 … masa kantor pake nomer HP (jiaakakkkakakkakkkak)… padahal ini nomer kantor yang aslinya Gedung Graha Citra Caraka (Telkom)Phone: 62(21)5271845 .. Hati-hati ya pemirsa sekalian…

    ***yang bikin bingung darimana dapet nomer & nama user telkom yah? (Bingung Mode: ON)

  6. Erie
    September 30, 2009 pukul 11:06 am

    …yang bikin ketawa lagi……….. dikantor telkom emang ada anak2 yah? backsoundnya ada suara anak kecil gituh……………. weleh..weleehhh………….

  7. chn
    Desember 16, 2009 pukul 11:31 am

    Pagi ini saya juga dapat telepon dari Irawan (mengaku operator dari telkom Gatot Subroto) menginformasikan bahwa saya dapat hadiah motor dan harus menghubungi Suhendar (32332769). Saya menghubungi 147 katanya tidak ada pengundian hadiah…..awas penipuan, masih banyak terjadi sampai sekarang…..
    Hari gini masih nipu-nipu aja…ckckckckckck

    • tomi
      April 26, 2010 pukul 10:20 am

      kok sama sich

  8. wanted
    April 3, 2010 pukul 1:07 am

    sama bro, gw juga dapet telpon dari irawan “sialan”itu,..nyokap gw hampir percaya, trus pas ketahuan ngeboong, dia langsung ngata2-in gw,wakakakakka

  9. brindils
    Juli 8, 2010 pukul 1:21 pm

    sialnya nyokap uda beli voucher mpe 5 (tsel) , mulai heran ko pake dsuruh beli voucher fren? makasi terbantu atas info ini

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: