Beranda > Indonesia > Sudah siap dong menyambut Pemilu 2009

Sudah siap dong menyambut Pemilu 2009

Pesta Demokrasi RI sebentar lagi tiba, mungkin hanya tinggal hitungan beberapa hari saja, beberapa tanggapan skeptis pun sudah banyak yang berdatangan, baik dari kalangan political maupun masyakat umum yg merasa suara yg mereka sumbangkan 2004 lalu serasa sia-sia bahkan kebanyakan dari mereka juga merasakan dampak dari krisis ekonomi global yg lebih tepatnya sangat bersinggungan dengan kemelaratan yg mereka rasakan.

Memang tidak salah jika banyak yg mereka rasakan kemudian mereka apresiasikan dengan tindakannya untuk memilih partai putih (golput -red), sampai-sampai badan agama tersebut sibuk dengan mengeluarkan berbagai fatwa-fatwanya untuk pemilu 9 April 2009 nnt (yg menurut saya sendiri terlalu berlebihan jika Majelis ini mesti mengeluarkan fatwa haram segala, memang harus ya?).

Saya pribadi jelas tidak akan memilih partai putih tersebut, karena saya merasa jika saya golput artinya saya tidak berusaha untuk merubah negri ini menjadi lebih baik, yg artinya tidak usah protes / nerimo saja semua yg ditunjukkan oleh penggerak negri ini. Saya ingin protes jika saya tidak setuju dengan kebijakan pemerintah, saya ingin protes jika bbm itu harganya melmbung tinggi lagi, saya ingin protes jika jalan-jalan dijakarta tidak semakin membaik situasinya dari macet, saya ingin…saya ingin….saya ingin!!!!

Dan ketika saya protes ttg semua kebobrokkan negri ini, saya akan malu berbicara jika saya golput, karena yg tadi saya tulis di atas bahwa GOLPUT = MENERIMA, dan semua yg jelek dan merugikan tidak akan bisa diterima bukan?
Jadi, SAYA TIDAK AKAN GOLPUT.

Sekarang yg menjadi pertanyaan kita semua adalah “saya mau memilih siapa?”
kita bisa liat betapa banyaknya wajah-wajah mendadak cakep (walaupun rata-rata memang dicakep-cakepin) menghias pinggir-pinggir jalanan, pohon-pohon, perempatan maupun pertigaan jalan, dengan kreatifitas yg “seadanya” sesuai dengan daerah pemilihan mereka biasanya, berharap banyak yg memperhatikan dan kemudian pada saat pemilihan nanti tiba, nama / wajah mereka (setidaknya) yg di contreng.

Saran saya dalam memilih wakil kita sebenarnya sangat simpel, hanya satu kata “kenali”. Inipun yg saya lakukan. Walaupun pada prosesnya banyak dari kita yg memang agak kesulitan untuk mengenali para caleg yg tidak sedikit jumlahnya, namun banyak cara sebenarnya utk mengenali para wakil rakyat tersebut (paling tidak mengenal visi dan misinya secara jelas dan rinci) bisa melihat review – review para caleg tersebut melalui internet, koran, radio, atau bahkan dari poster-poster yg berceceran dipinggir-pinggir jalan itu.

Setelah “kenal” dengan calon yg akan kita pilih tersebut, lihat realisasinya minimal pada saat kampanye terbuka sekarang ini, bisa terlihat sebenarnya caleg yg memang baik atau pura-pura baik pada saat ingin terpilih saja. Jika ada caleg yg menggunakan uang, tidak apa-apa. Ambil uangnya dan jangan pilih caleg / partainya, sebab sudah tidak baik caranya.

Jika sudah mengenali calon yg akan kita pilih, jangan lupa untuk ikut sosialisai tata cara pemilu 2009 ini, yg metodenya jauh berbeda dengan pemilu tahun-tahun sebelumnya. Sangat disayangkan, kita sudah menentukan pilihan terhadap wakil kita di DPR / DPRD sana atau bahkan Presiden…eh….tiba-tiba suaranya jadi tdk sah (doh)

Jadi, sudah siap dong menyambut Pemilu 2009 ini?

Beberapa link referensi pemilu:

Politikana
Janganbikinmalu2009
Pemilu2009
Calegku.info
KPU

update (25/03/09) link:
Litsuscaleg

  1. litsuscaleg
    Maret 24, 2009 pukul 2:12 pm

    bung/mbak,

    anda sepertinya orang yang mau mencari tahu dan mengajak orang lain mau mencari tahu ttg para caleg,

    jadi mungkin saya bisa bantu anda dan kawan-kawan dengan website saya, hasil penelitian saya ttg para caleg di sejumlah daerah pemilihan.

    Silakan mampir:
    http://litsuscaleg.wordpress.com

    • gRy
      Maret 24, 2009 pukul 8:11 pm

      trimakasih linknya, sudah saya update ditulisan ini dan saya masukkan link yg anda kasih😀
      salam kenal

  2. Maret 28, 2009 pukul 11:23 am

    assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/24/hukum-pemilu-legislatif-dan-presiden/

    sudah saatnya kita ganti sistem, semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

  1. April 10, 2009 pukul 7:15 pm

Tinggalkan Balasan

